Agar Tidur Anak Nyaman


Untuk mendisiplinkan waktu tidur anak, tidak harus selalu memberinya jadwal yang ketat. Menciptakan kebiasaan tidur yang baik juga dapat diupayakan untuk membiasakan anak tidur teratur. Hal-hal berikut bisa Anda lakukan agar anak bisa tidur dengan nyaman.

1. Berganti pakaian. Memakai piyama atau baju tidur yang nyaman akan menciptakan persepsi, sudah waktunya tidur. Usahakan baju yang dikenakan saat tidur berbeda dengan yang digunakan sehari-hari.

2. Ritual bersihkan badan. Selain baik bagi kesehatan, mencuci muka dan kaki sebelum tidur juga baik untuk menyiapkan anak segera tidur dengan nyaman dan bersih.

3. Menggosok gigi. Kebiasaan ini tentu sangat baik dilakukan sebelum tidur, selain juga dapat menurunkan risiko terbentuknya plak gigi.

4. Berdoa sebelum tidur. Selain untuk membiasakan diri beribadah, berdoa dapat menambah rasa aman dan tenang sebelum tidur.

5. Membacakan dongeng. Buku cerita atau dongeng yang bernilai moral baik dapat memberi pengaruh baik pada perilaku anak. Namun, jika setelah didongengi anak belum juga tidur, jangan tunggui sampai ia tidur.

6. Siapkan keperluan sekolah. Anak tak perlu bangun terlalu pagi dan terburu-buru sarapan atau ke sekolah bila keperluannya sudah disiapkan semalam sebelum tidur.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar