Awas, Stres Saat Hamil Bahayakan Janin!


Jangan stres saat Anda hamil. Penelitian sudah menunjukkan bahwa stres berkepanjangan selama kehamilan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Penelitian dilakukan terhadap 89 anak berumur 5 tahun yang dikandung saat sang ibu mengalami badai di Quebec, Kanada. Badai terjadi selama enam minggu tanpa listrik.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa perkembangan IQ anak dalam hal bahasa dan lisan cenderung menjadi lebih rendah pada ibu hamil yang menghadapi banyak tekanan selama badai berlangsung. Hidup tanpa listrik, terpaksa untuk tinggal di perlindungan, atau kehilangan penghasilan merupakan tekanan yang dihadapi ibu-ibu tersebut.

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti mengapa stres berkepanjangan bisa mempengaruhi intelektual anak. "Kami mencurigai stress dengan kadar tinggi sebelum melahirkan dapat mempengaruhi perkembangan saraf otak (neurodevelopment) janin yang juga dapat mempengaruhi perkembangan perilaku (neurobehaviorial) anak pada awal masa kecil" ucap Dr. David P. Laplante, Douglas Hospital Research Centre, Canada dan tim sebagaimana dikutip detikhot dari Reuters, Senin (22/09/2008)

Mereka menambahkan, bencana yang lebih besar seperti badai Katrina atau Tsunami di Asia tahun 2004, mungkin mempunyai efek yang jauh lebih besar pada ibu hamil dan kemungkinan besar, anak mereka juga mengalami gangguan pada perkembangan otaknya.

Untuk sementara peneliti menyimpulkan, masih diperlukan studi lanjutan untuk menegaskan bahwa stres sebelum melahirkan itu bisa "memprogram" perkembangan otak janin.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar