Berani Melamar Kerja Tanpa Pengalaman?


Kesempatan untuk berkarir di bidang yang sudah lama diincar sedang terbuka. Tapi Anda ragu melamar. Meski sesuai dengan bidang pendidikan, namun sejujurnya Anda tidak punya latar belakang pengalaman yang cukup atau jam terbang yang kurang lama. Maju terus, atau?

Setiap lowongan pekerjaan yang diiklankan rasanya selalu mencantumkan syarat pengalaman kerja sesuai bidang yang akan dimasuki, minimal beberapa tahun. Namun jangan gentar dengan tahun yang diisyaratkan karena "tahun pengalaman" tersebut dipakai untuk menyaring serbuan surat lamaran yang masuk. Diharapkan, dengan syarat tadi para pelamar akan berpikir ulang sebelum mengirimkan lamaran.

Jadi, jangan terpaku pada syarat jam terbang, tapi jelilah melihat apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya, jika dibutuhkan syarat minimal 3 tahun di bidang marketing, analisa kembali kira-kira apa saja yang dikuasi seseorang yang sudah menekuni dunia marketing selama tiga tahun. Tentu saja selain mampu menulis proposal yang efektif dan punya network luas, kemampuan Anda dalam melakukan presentasi seharusnya tidak mengecewakan. Selama Anda merasa mampu melakukannya, coba saja.

Intinya, jangan ragu mengambil setiap kesempatan. Selain jam terbang, nilai juga kompetensi yang Anda miliki, misalnya penguasaan bahasa asing, kursus keterampilan, serta nilai tambah lainnya. Bila ternyata gagal, jangan putus asa. Dari setiap kegagalan, kita bisa mengevaluasi hal mana saja yang perlu diperbaiki.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar