Eksis di Kantor Baru


Status 'pendatang baru' di dunia kerja bukan penghalang Anda dinobatkan menjadi karyawan teladan. Mulailah dari kebiasaan-kebiasaan positif yang mampu mengantar Anda menuju sukses.

Get Organized!
Apa pun jenis pekerjaan yang digeluti, Anda mesti mampu mengorganisasi setiap berkas pekerjaan dan tugas yang menanti. Jika menyandang pekerja kantoran, sudah jelas Anda punya tumpukan file, e-mail, dan folder yang wajib dirapikan. Setali tiga uang dengan profesi yang terkait dengan kegiatan kreatif.

Punya jiwa nyeni bukan alasan Anda tidak mampu mengatur diri, Iho! Mengorganisasi area kerja bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas kerja. Hal ini bisa mengatrol kredibilitas diri Anda di mata atasan. Ingat, pertahankan sikap serba teratur tersebut meski setelah Anda naik pangkat. Semakin tinggi jabatan, lebih banyak pula tugas yang disandangkan ke bahu Anda, bukan?

Pintar Mengatur Waktu
Meski kelihatannya mudah dilakukan, manajemen waktu adalah kelemahan terbesar rata-rata orang yang bekerja di sebuah korporasi. Kemampuan mengatur waktu bukan semata-mata mahir menyusun jadwal di atas agenda, Iho. Di atas segalanya adalah bagaimana Anda mampu menaati jadwal yang sudah dibuat itu.

Ahli mengatur waktu bukanlah kemampuan yang bisa diperoleh secara mendadak. Mulailah dengan membuat daftar tugas harian, mingguan, dan bulanan. Juga dengan menuliskan target yang ingin Anda capai setiap kurun waktu tersebut. Jangan malas menuliskan setiap janji pertemuan di dalam agenda.

Sedikit Janji, Perbanyak Bukti
Sebagai 'anak baru', wajar saja bila Anda punya keinginan untuk memberikan kesan positif di mata atasan, rekan kerja, atau klien, dengan hampir selalu menyanggupi permintaan mereka. Namun, ingatlah bahwa secara bersamaan Anda juga mempertaruhkan reputasi pribadi. Dalam posisi Anda saat ini, kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal terhadap kredibilitas yang sudah susah payah dibangun dalam waktu singkat.

Karenanya, sedikit mengumbar janji dan banyak memberikan hasil adalah salah satu kebiasaan penting yang wajib Anda miliki dalam berkarier. Hal ini erat kaitannya dengan sejauh mana Anda mengenali kelebihan dan kekurangan pribadi, serta sebaik apa Anda memahami batas kemampuan diri.

Rencanakan Langkah
Setiap meeting atau proses brainstorming yang baik semestinya berakhir dengan suatu hasil atau kesimpulan tentang langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jangan biarkan setiap meeting yang Anda ikuti berakhir tanpa adanya arahan yang jelas tentang apa tugas yang harus dilakukan selanjutnya.

Terlalu banyak meeting yang diakhiri tanpa konklusi berakibat semakin banyaknya waktu terbuang sehingga mengurangi efektivitas kerja. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan bahan-bahan serta hal-hal yang ingin Anda utarakan sebelum meeting dimulai. Dengan begitu, nantinya Anda tidak akan kembali ke meja kerja sambil menyimpan tanda tanya besar di dalam kepala.

Update Informasi
Lingkungan kerja yang penuh tekanan serta hubungan percintaan yang sedang tidak harmonis terkadang mampu mendatangkan hawa negatif ke dalam hati dan pikiran Anda. Hal itu bisa memengaruhi setiap langkah yang Anda ambil dalam karier maupun dalam pergaulan sehari-hari.

Jangan biarkan Anda kehilangan kendali terhadap suasana emosi pribadi. Bacalah buku-buku self help atau jenis buku yang mampu menggugah motivasi Anda dalam berkarya. Dengarkan kaset rekaman berisi presentasi seorang motivator atau tontonlah film-film yang mampu menginspirasi Anda melakukan hal-hal positif.

Selalu Bugar
Di atas segalanya, kebugaran fisik adalah 'senjata' yang paling penting Anda miliki dan pertahankan. Masih ingat kan, kata pepatah: 'di dalam tubuh yang sehat tersimpan jiwa yang sehat pula'? Tubuh yang bugar juga amat besar manfaatnya di kala Anda perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menuntaskan deadline. Karenanya, jangan lupa berolahraga serta menerapkan pola makan yang baik dan seimbang setiap hari.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar