Enaknya Minta Gaji Berapa Ya?


Ketika diminta menyebutkan jumlah gaji yang diminta bagaimanakah reaksi Anda, bingung atau dengan yakin menyebut nominal tertentu?

Menentukan besarnya gaji yang sesuai dengan potensi dan pengalaman adalah tahap pertama yang perlu Anda kuasai sebelum mempertimbangkan apakah kompenasi yang ditawarkan sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan. Lantas bagaimana cara menentukan standar gaji yang sesuai dengan potensi kita?

Gali Informasi
Setiap posisi memiliki standar gaji tersendiri, karena itu cari tahu berapa nilai jual diri Anda di bursa kerja maupun di lingkungan internal perusahaan. Anda juga bisa mencari tahu standar gaji yang berlaku secara online, misalnya situs www.zdnet.com untuk mengetahui standar gaji di bidang IT. Tentukan pula batas bawah gaji yang kira-kira masih bisa Anda terima.

Keunggulan Kompetensi
Anda boleh saja menentukan gaji yang lebih tinggi dari standar, asalkan Anda memiliki kualifikasi pribadi yang unggul. Misalnya bila Anda memiliki gelar master, jam terbang tinggi, menguasai bahasa asing tertentu atau telah mengikuti training yang berkaitan dengan profesi. Nilai Anda akan semakin tinggi bila kandidat lain tidak memiliki kompetensi yang sama. Lebih baik lagi bila Anda bisa menunjukkan hasil kinerja Anda, seperti portfolio hasil projek yang Anda tangani dengan baik.

Pertimbangkan Fasilitas
Selain gaji pokok, sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan kompensasi tinggi dengan meminta fasilitas atau tunjangan lain, seperti kesehatan, transportasi, uang makan, tunjangan pulsa, waktu kerja yang fleksibel, dan masih banyak lagi. Terakhir, bersikaplah realistis dalam menentukan besaran gaji, oleh karena itu sebaiknya Anda juga telah mengantongi informasi mengenai kondisi finansial perusahaan yang dituju.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar