Uangku, Uangmu, Uang Kita


Di dalam bukunya, The Seven Basic Quarrels of Marriage, William Betcher, MD memperkirakan, seperempat hingga sepertiga masalah dalam kehidupan rumah tangga bersumber dari masalah keuangan. Karena itu, komunikasi mengenai kondisi keuangan antara pasangan suami-istri haruslah lancar. Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti.

- Hargai privasi. Walau pembicaraan mengenai uang sebaiknya dilakukan secara terbuka, namun cobalah untuk tetap menghargai kebutuhan pasangan akan privasi, misal biarkan dia menyimpan sejumlah uangnya untuk kebutuhan pribadi dan kesenangannya.

- Tentukan tujuan bersama. Bicarakanlah prioritas yang akan dicapai dalam keuangan bersama, apakah rumah, pendidikan, atau lainnya.

- Pembagian tugas yang adil. Tentukan siapa di antara Anda berdua yang akan membayar tagihan dan pembiayaan rutin setiap bulan.

- Tentukan berapa jumlah pengeluaran yang bisa dilakukan oleh masing-masing dari Anda berdua, tanpa harus bertanya terlebih dulu satu sama lain.

- Buatlah tiga tabungan, yaitu atas nama Anda, pasangan dan atas nama berdua. Atas nama berdua diperuntukkan untuk kebutuhan bersama.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar