BPOM: Aspartam dan Siklamat Aman


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa pemanis buatan aspartam dan siklamat merupakan pemanis buatan yang diizinkan untuk digunakan dalam pembuatan produk makanan.

"Aspartam dan siklamat merupakan pemanis buatan yang diizinkan untuk digunakan dalam pembuatan produk makanan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 722 tahun 1988," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Husniah Rubiana Thamrin Akib, di Jakarta, Jumat dalam konferensi pers di Gedung Departemen Komunikasi dan Informatika.

Hal itu terkait dengan maraknya selebaran gelap yang banyak beredar dan berisi peringatan tentang produk obat dan makanan berbahaya yang mengatasnamakan hasil penelitian BPOM Jakarta. Ia mengatakan, BPOM RI perlu meluruskan informasi yang tidak benar tersebut.

"Dalam selebaran gelap disebutkan ada beberapa produk obat dan makanan tertentu yang berbahaya," katanya. Husniah mengatakan, seluruh produk pada selebaran gelap tersebut telah dievaluasi aspek keamanan, manfaat, dan mutunya oleh BPOM dan telah mendapat Nomor Izin Edar.

Lebih lanjut ia menegaskan produk obat dan makanan itu tidak membahayakan kesehatan seperti tercantum dalam selebaran gelap. "Kami sudah evaluasi dan sebagian besar yang dikatakan mengandung aspartam dan berbahaya itu tidak benar bahkan mereka telah mendapat nomor izin edar," katanya.

Beberapa produk obat yang tercantum dalam selebaran gelap di antaranya Paramex, Contrex & Contrexin, Inza & Inzana, Nature-E, Super Tetra, Bodrex & Bodrexin, dan Stop Cold.

Untuk produk makanan di antaranya Hemaviton, Hemaviton Action, Hemaviton Energi Drink, Neo Hormofiton, Segar Sari, Pop Ice Blender, Sari Vit C, M150, Aqua Splas of Fruit, Energen Cereal, Fresh Mix, Pop Ice, Nidhi Orange Drink, Amazone, dan Mizone.

Selain itu Zhuka Sweet, Arinda, Copy Pop, Jely Cool Drink, Mogu-mogu, Oki Bolo Drink, Inako Jely, Happydent White, Nutarade Gold, Alloy Jely, Donna Jely, Lotte Juice Fresh, Hore, Jas jus, Disney Segar, Nutri Sari Hangat, Segar Dingin, Aqua Rasa Buah, dan Catte Zone.

Produk yang juga tercantum dalam selebaran gelap adalah Amico Sweet, Okky Jely Drink, Zporto, Jelly Juice, Extra Joss, Boy Zone, Jungle Juice, Zestie, Frutilo, Forti Plus, Vidoran Fres, Hemaviton Jreng, Ice Milk Juice, Naturade Bolo, Marimas, Finto, Buah Sari, Mari Teh Instan, dan Teh Susu.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar