Ketika Karier Berjalan Datar


Saat baru memulai karier pasti Anda masih bersemangat menggenjot prestasi kerja, mempersiapkan diri untuk mencapai posisi tertentu. Namun, entah mengapa seiring berjalannya waktu Anda mulai merasa bosan, tak ada lagi tantangan, padahal target posisi belum tercapai.

"Ambisi kita secara alami memang akan berubah seiring dengan peningkatan karier," kata Libby Pannwitt, pemimpin Work Life Design Group, California, AS. Menurut Pannwitt, terkadang cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah pindah kantor, mencari tempat lain yang lebih menantang.

Sayangnya, tak semua orang bisa dengan mudah melompat ke perusahaan lain, terutama kalau Anda adalah pencari nafkah utama dalam keluarga. Bila kondisi tersebut terjadi pada Anda, jangan menyerah, banyak cara bisa dilakukan untuk mengembalikan passion pada pekerjaan. Ahli konsultan karier menawarkan lima cara untuk menembus dinding kebosanan.

1. Kenali penyebabnya
Cermati hal-hal apa saja yang membuat motivasi kerja Anda menguap. Apakah karena gaji yang tak naik, promosi yang tak kunjung didapat, atau bosan dengan suasana kantor yang monoton. Dengan mengenali faktor penyebabnya, Anda bisa menyusun strategi untuk mengatasinya.

2. Syukuri apa yang dimiliki
Pekerjaan yang tak menimbulkan stres punya banyak keuntungan lho. Anda jadi bisa leluasa membagi konsentrasi antara pekerjaan dan rumah, atau kesehatan. Waktu luang yang dimiliki juga bisa Anda manfaatkan untuk belajar, membekali diri dengan berbagai keterampilan.

3. Cari alternatif
Alih-alih mendaki ke puncak, lebih baik perdalam skill Anda. Cari kemungkinan untuk pindah ke departemen lain atau tawarkan pada atasan untuk mengerjakan proyek baru.

4. Gali lebih dalam
Setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang ahli yang punya kemampuan khusus dalam suatu bidang. Incar posisi tersebut.

5. Salurkan di luar
Banyak cara untuk menyalurkan wawasan dan skill Anda. Misalnya, bergabung sebagai relawan di sebuah LSM untuk mengajar bahasa Inggris pada anak-anak kurang mampu, dan sebagainya.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar