Mencari Pekerjaan Impian


ika Anda tidak bisa meninggalkan karier saat ini, tapi masih ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai minat, mengapa tidak mencoba bekerja part time di tempat lain? Anda bisa mendapatkan mimpi Anda dengan mempertimbangkan beberapa hal ini.

Dapat Dulu Baru Nego
Tentukan jenis pekerjaan yang ingin Anda dapatkan. Kemudian carilah informasi di mana saja Anda bisa mendapatkannya. Jangan membuang satu peluang hanya karena waktu kerja yang tidak fleksibel. Pasalnya, soal waktu bisa dibicarakan belakangan. Anda bisa kok bernegosiasi dengan klien yang akan merekrut Anda. Yang penting Anda menyukai pekerjaan itu.

Asah Ilmu
Karena ini bukan pekerjaan utama, Anda butuh mengasah ilmu agar jadi ahli di pekerjaan part time Anda. Jika ingin part time sebagai humas atau web developer, mungkin Anda bisa mengambil kursus singkat dulu sebelum terjun di bidang itu. Semakin Anda ahli, makin banyak klien yang akan mencari. Untuk menjamin eksistensi diri, pelajarilah berbagai hal baru. Misal, bila Anda adalah web-developer, jangan terlena dan menggunakan software yang itu-itu saja. Tak ada salahnya berinvestasi untuk mempelajari ataupun membeli lisensi software terbaru, bila memang bisa mengangkat kualitas hasil kerja Anda.

Sebar Jejaring
Senjata utama untuk mendapatkan part time job adalah koneksi yang luas. Pasalnya, mayoritas job yang diperoleh seorang pekerja paruh waktu tak lain datang dari lingkup pertemanan serta promosi dari mulut ke mulut. Makanya, peliharalah ikatan pertemanan yang Anda miliki, mulai dari teman kuliah, tetangga sebelah rumah, teman arisan, rekan kerja, bahkan kenalan baru. Kian luas jangkauan pertemanan, kian besar pula peluang job-job menarik menghampiri Anda.

Membangun Track Record
Koneksi semata tidak menjamin Anda memenangkan kepercayaan dari klien. Sebagai calon pengguna jasa, mereka juga butuh diyakinkan dengan cara menilai track record atau portofolio pekerjaan Anda. Untuk membangun reputasi yang solid, banyak-banyaklah menggarap job di bidang yang Anda geluti. Misal, bila part time job Anda sebagai penulis naskah, cobalah agar skenario Anda tayang di sinetron-sinetron prime time.

Perusahaan Kecil dan Menengah
Jika Anda masih belum pede karena jam terbang belum cukup dengan pekerjaan tersebut, fokuskan target pencarian Anda pada perusahaan skala kecil dan menengah. Dekati orang yang berpengaruh di sana dan tawarkan apa yang bisa Anda lakukan untuk pengembangan usahanya. Jangan lupa siapkan konsep yang matang agar mereka tertarik.

Tingkatkan Jam Terbang
Practice makes perfect. Kualitas pekerjaan Anda akan semakin oke bila sering diasah dengan melakukannya berulang kali. Makanya, jangan heran bila kebanyakan pemula di dunia part time job harus berpayah-payah dulu ‘kerja bakti’ melakukan segudang pekerjaan, mungkin beberapa di antaranya tidak disertai honor memadai, demi meningkatkan jam terbang. Sebab, pada akhirnya, kualitas pekerjaan Anda yang akan menentukan kepuasan klien dan mengatrol ‘nilai jual’ Anda di depan klien.

Rupiah Bukan Selalu yang Utama
Jangan menilai suatu proyek berdasarkan jumlah rupiahnya. Terkadang ada jenis job tertentu yang perlu Anda dapatkan bukan karena nilai nominalnya, melainkan karena adanya kesempatan untuk belajar, punya nilai prestis, serta untuk membuka jalinan kerjasama dengan klien baru yang potensial. Karenanya, ketika Anda sudah mulai kebanjiran job, bijak-bijaklah memilah jenis pekerjaan mana yang patut dilepas dan yang layak dipertahankan.

Buat Target Pribadi
Bekerja paruh waktu bukan berarti Anda kerja serabutan tanpa target, lho. Target pribadi tetap penting dimiliki supaya Anda bisa memetakan kemajuan yang telah dicapai. Bisa berwujud peningkatan jumlah klien dalam sebulan, menjadikan seseorang atau perusahaan tertentu sebagai klien tetap, dan sebagainya. Tanpa ambisi untuk menggapai target, Anda tidak akan terpacu untuk selalu belajar dan meng-up grade kualitas kerja.

Menjaga Kualitas
Meski ini pekerjaan part time Anda, kualitas tetap diperhatikan. Jika job sudah mengalir lancar, Anda bisa memindahtangankan job tersebut pada rekan lain. Tetap atas nama Anda tentunya. Jadi, klien hanya akan berurusan dengan Anda. Namun, bukan berarti Anda bisa lepas tangan setelahnya. Anda tetap bertanggung jawab memeriksa dan mengedit hasil kerja rekan tersebut supaya kualitas kerja tetap terjaga. Jangan sampai nama baik Anda dipertaruhkan karenanya.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar