Penghasilan Tambahan di Akhir Pekan


Tiga pekerjaan di bawah ini bisa menjadi pilihan penambah penghasilan. Pekerjaannya relatif santai, menyenangkan, dan hasilnya juga lebih dari lumayan. Tertarik mencoba?

Story Teller
Kegiatan mendongeng atau membacakan cerita sepertinya bukan kegiatan yang asing. Malah kegiatan ini rutin dilakukan orangtua pada anaknya menjelang tidur. Kegiatan bercerita pada anak-anak kini sudah jadi profesi tersendiri. Sebab, kegiatan ini terbukti dapat memberikan pembelajaran yang penting pada anak saat tumbuh kembang.

Jika Anda suka bergaul dengan anak-anak dan senang membaca buku cerita anak, profesi ini layak dicoba. Pekerjaannya tidak berat, karena bisa dilakukan di akhir pekan. Kegiatan mendongeng dapat dilakukan sendiri atau dibantu oleh seorang teman untuk menghidupkan setting. Alat bantu yang biasa digunakan oleh story teller biasanya berupa buku cerita, dekorasi yang diperlukan untuk membangkitkan minat dan membangun suasana, serta gambar-gambar yang menarik untuk menghidupkan suasana.

Perlukah background pendidikan tertentu untuk menjadi seorang story teller? Tidak juga. Apa saja modal yang perlu dimiliki? Pertama, puya kemampuan berbicara di depan umum, tidak grogi, dan berjiwa menghibur. Bahasa tubuh, akting, mimik, jenis-jenis suara yang berlainan juga diperlukan untuk membuat cerita yang disampaikan lebih menarik.

Kedua, menyukai anak-anak, sehingga Anda mau belajar memahami jiwa mereka. Berikutnya, Anda bisa mengarang cerita yang menarik. Anda mesti tahu apa yang menjadi kebutuhan dan kesenangan anak. Misalnya, apa sih yang sekarang diminati anak, tokoh seperti apa yang menjadi favorit anak-anak, dan sebagainya. Seorang story teller harus bisa menyampaikan pesan yang bisa dimengerti oleh anak.

Tempat-tempat yang membutuhkan story teller antara lain perpustakaan yang biasanya mengadakan acara tertentu untuk anak, toko buku, reading corner yang terdapat di tempat makan atau taman bermain anak, juga perorangan. Biasanya penghasilan story teller minimal Rp500.000/ 30 menit. Cukup menjanjikan, bukan?


Usher, Stand Guide, PagarAyu, LO
Kalau Anda merasa berpenampilan menarik, tubuh proporsional, percaya diri tinggi, jangan sia-siakan anugerah ini. Anda bisa menyambi bekerja sebagai usher, Liasion Officer (LO), stand guide dan pagar ayu. Peluang kerja ini sangat terbuka dan bisa dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Setiap minggu selalu ada pameran, pernikahan, launching/promosi produk, pesta, pagelaran seni atau musik, konferensi, seminar, dan sebagainya.

Modal untuk profesi ini adalah penampilan menarik, tinggi minimal 165 cm, supel, tanggung jawab dan disiplin. Kemampuan public speaking juga diperlukan, dan tentu kemampuan berbahasa asing. Untuk stand guide misalnya, Anda mesti bisa menarik minat pengunjung agar mendatangi stand Anda dan memberi penjelasan tentang produk yang ditawarkan. Begitupun seorang usher dan LO, yang dibutuhkan adalah dapat berkomunikasi yang baik dan punya kemampuan mengerti dan memahami kebutuhan tamu yang Anda pegang, dan kesabaran.

Untuk mendapatkan job di bidang ini, Anda bisa melamar langsung ke event organizer besar semacam Java Musikindo dan Dyandra (pameran). Atau masuk dalam suatu agensi atau manajemen tertentu. Biasanya agensi ini yang akan mencarikan pekerjaan untuk Anda. Tentunya, akan dikenakan potongan sebesar kurang lebih 25% dari honor yang Anda terima. Besarnya honor biasanya tergantung dari perusahaan yang menggunakan jasa Anda. Tergantung juga dari perjanjian awal, misal apakah dihitung per event atau harian. Besarnya fee minimal Rp300.000/event. Satu event biasanya jam kerja berkisar antara 6-8 jam.


Instruktur Tari
Dengan menari, tidak hanya unsur seni yang menonjol, melainkan juga olahraga. Sekarang ini tarian seperti salsa, belly dance, hip hop, dan sebagainya tak pernah sepi peminat. Untuk menjadi instruktur tari, modal yang mesti dimiliki kemampuan menari tarian tertentu, fisik yang prima, supel, dan tidak pernah berhenti belajar gerakan-gerakan baru. Kalau Anda memang telah menyenangi dunia tari dan olahraga, tak ada salahnya mengasah bakat di tempat-tempat latihan tari di kota Anda. Selain belajar, pengalaman menari Anda juga bakal tertempa di sini.

Untuk belajar tari tidak butuh waktu lama. Dalam jangka waktu enam bulan, Anda sudah bisa menari profesional. Apalagi jika Anda memang punya bakat dan mau belajar. Prospek di bidang ini masih terbuka lebar. Anda bisa terjun sebagai penari profesional. Jasa Anda bisa dipakai di acara pesta, kafe, acara perusahaan, dan sebagainya.

Selain sebagai penari, Anda juga bisa mengajar sebagai instruktur tari di kelas senam dan privat. Cukup banyak yang melakoni keduanya dan sukses. Penghasilan? Jika mengajar privat, Anda bisa mengantongi Rp 250.000/pertemuan. Pergaulan yang luas, networking yang oke menjadi kunci dari keberhasilan menekuni profesi ini.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar