Setelah Jeda Bekerja


Masuk kembali ke dunia kerja setelah berhenti bekerja sementara, seringkali menimbulkan rasa tak percaya diri. Bagaimana agar penyesuaian diri berjalan lancar?

Berpikiran positif
Singkirkan pikiran negatif dari kepala. Pejamkan mata dan bayangkan Anda menikmati hari pertama di kantor dengan penuh percaya diri dan bergaul dengan orang-orang baru.

Buat rencana
Siapkan dengan matang hari pertama Anda. Pilih busana apa yang akan dikenakan pada hari pertama, termasuk juga dokumen-dokumen, handphone atau PDA yang akan dibawa. Selain itu buat perkiraan jam berapa Anda harus berangkat ke kantor agar sampai tepat waktu. Persiapan yang matang akan membuat Anda merasa lebih siap menghadapi hari yang baru.

Pelajari budaya perusahaan
Anda bisa melakukannya dengan bertanya atau memperhatikan kebiasaan yang berlaku di kantor tersebut. Yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana pola komunikasi antar atasan dan bawahan, sapaan yang digunakan, dan sebagainya. Manfaatkan waktu makan siang untuk merangkul teman-teman baru dan mempelajari budaya kantor.

Tumbuhkan motivasi
Jeda sekian lama dari dunia kerja seringkali menimbulkan rasa tak percaya diri. Apalagi jika Anda kurang mengasah kemampuan saat berhenti bekerja. Tapi jangan kecil hati. Tumbuhkan motivasi untuk mulai belajar dan mengejar ketinggalan. Jangan segan untuk bertanya pada senior, atau bila perlu mengikuti kursus dan pelatihan.

Tunjukkan potensi
Bekali diri dengan pengetahuan mengenai perkembangan terkini dari bidang pekerjaan yang akan digeluti melalui buku atau bertanya pada teman yang berada pada bidang yang sama. Kemudian terapkan ilmu tersebut untuk menunjukkan potensi diri.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar