Kerja Tanpa Mengantuk


Tubuh lemas dan mata mengantuk adalah tantangan Anda setiap kali menjalani ibadah puasa. Padahal, tak peduli puasa, tumpukan pekerjaan tetap datang memenuhi meja Anda. Bagaimana dong, mengatasinya?

Batasi Kalori Saat Sahur
Mengonsumsi terlalu banyak kalori di pagi hari bisa membuat Anda lekas mengantuk sebelum pertengahan hari tiba. Belum lagi bobot tubuh yang berisiko melambung drastis karena Anda kembali tidur setelah makan sahur. Makanya, santap saja nasi secukupnya kala sahur. Setelah nasi dan lauk pauk, penuhi perut Anda dengan melahap sayur-mayur dan buah-buahan.

Banyak Minum Air Putih
Asupan air minum dalam jumlah cukup amat penting dalam melancarkan peredaran darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Menurut penelitian, kurangnya cairan di dalam otak juga bisa menimbulkan rasa kantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Karena itu, jangan lupa untuk membasahi kerongkongan Anda dengan air minimal 8 gelas sehari.

Pasang Musik
Ketika mata mulai terkantuk-kantuk di depan komputer, pasanglah musik dengan volume cukup keras agar Anda kembali terjaga. Kenakan earphone supaya rekan di sebelah Anda tidak merasa terganggu. Pilihan jenis musik yang dipasang juga amat menentukan mood yang terbangun. Lagu-lagu Rihanna yang energik atau Amy Winehouse yang nakal dan menggelitik adalah contoh pilihan tepat untuk menyulut kembali semangat kerja Anda.

Gunakan Aromaterapi
Banyak orang sudah merasakan manfaat aromaterapi dalam menciptakan mood. Bukan hanya di spa atau pusat-pusat kecantikan, aromaterapi juga dapat digunakan di tempat kerja. Tentunya Anda tidak bisa menyalakan dupa yang bisa memicu alarm pendeteksi kebakaran. Sebagai gantinya, teteskan saja minyak esensial beraroma bergamot, peppermint atau citrus pada sapu tangan dan letakkan di dekat wajah Anda.

Jalan-Jalan
Paling tidak, setiap dua jam sekali istirahatkan mata Anda dan luruskanlah otot tubuh yang penat dengan berjalan-jalan. Terlalu lama memelototi layar komputer bisa membuat mata Anda lelah, perih dan mengantuk. Menggerakkan seluruh otot tubuh sambil berjalan-jalan juga baik untuk melancarkan peredaran darah sehingga otak Anda akan lebih sigap bekerja setelahnya.

Mengobrol
Meski sedang berpantang merokok dan tidak bisa mengopi di pantry, Anda masih boleh kok, mencari hiburan dengan singgah ke meja tetangga untuk mengajaknya mengobrol. Pilih teman yang kira-kira juga sudah nyaris tergelincir ke alam mimpi seperti Anda. Jangan pula melontarkan topik obrolan yang menjurus ke pergunjingan supaya ibadah puasa Anda makin afdol.

Cuci Muka
Air dingin adalah alat penawar kantuk yang paling sering sukses menunaikan tugasnya. Bukan untuk diminum lho, melainkan digunakan untuk membasuh wajah Anda. Ingin mendapat nilai plus? Sekalian saja Anda mencuci muka sambil berwudhu untuk kemudian melakukan ibadah shalat sunnah. Awas, jangan tergoda untuk berlama-lama kumur, apalagi sampai menelan airnya.

Stretching di Tempat
Peregangan atau stretching adalah salah satu cara terbaik untuk menghimpun dan menyalurkan energi ke seluruh tubuh. Mudah saja kok, melakukannya. Pertama, luruskan kedua tangan ke atas sehingga otot punggung dan bahu Anda terasa seperti ditarik. Setelahnya, lakukan hal serupa dengan kedua tangan diarahkan ke depan dan ke belakang. Lalu, miringkan kepala Anda ke kiri dan ke kanan kemudian putar kepala secara perlahan-lahan ke dua arah yang berlawanan.

Olahraga
Selain meningkatkan stamina, kebiasaan berolahraga juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Termasuk, sirkulasi darah yang membawa oksigen dan zat-zat nutrisi menuju otak yang merupakan pusat pengontrol rasa kantuk. Rajin olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar toleransi Anda akan rasa lelah. Pasalnya, kala merasa lelah, tubuh akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk mengajak Anda memejamkan mata dan beristirahat.

Tidur Sejenak
Jika rasa kantuk sudah tak teratasi, sah-sah saja kok, meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Memejamkan mata, baik tidur maupun tidak, selama 15 menit sudah cukup untuk mengobati rasa kantuk. Sejumlah perusahaan di luar negeri bahkan menyediakan tempat tidur khusus bagi para karyawan untuk beristirahat sejenak sehingga mereka bisa kembali produktif setelahnya. Jika belum ada, meja pantry juga lumayanlah untuk dijadikan tempat bersandar.

Duduk di Samping Bos Galak
Jika Anda sudah putus harapan dan tidak mungkin lagi menghalau rasa kantuk selain dengan cara mencium bantal, maka ada satu cara lagi yang bisa dilakukan. Yaitu, geser kursi Anda dan duduklah di samping atasan yang terkenal galak luar biasa. Jangankan mengantuk dan tertidur, untuk bernapas keras-keras saja pasti nyali Anda sudah ciut, kan?

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar