Anak Mau Sehat, Jangan Andalkan Susu!


Propaganda minum susu dinilai terlalu berlebihan. Padahal, untuk anak di atas umur dua tahun, ibu cukup memberi satu hingga dua gelas susu setiap harinya. Budaya kebanyakan memberi susu sering dilakukan oleh sejumlah ibu yang sebenarnya tak mau repot ketika anaknya tak mau makan.

"Banyak ibu sekarang malas memberi makan anaknya, memang karena sulit makan, jadi diberi susu saja tiga sampai delapan gelas per hari," ujar pemimpin redaksi sebuah majalah kesehatan 'Nirmala' Andang Gunawan dalam acara peluncuran buku 'Hidangan Favorit Ala Mediterania' di Jakarta, Sabtu (8/11).

Akibatnya, timbullah generasi obesitas, yang ditandai banyak anak di bawah umur yang kini memiliki berat badan berlebihan. Menurut Andang, tidak selamanya susu memberi manfaat yang sama baiknya kepada semua orang.

Bahkan ada orang yang alergi setelah minum susu. Jika timbul gejala demikian, Andang menganjurkan segera berhenti mengonsumsi susu. Andang mengatakan dirinya memang menentang kampanye minum susu yang berlebihan.

Menurut Andang, susu bukanlah segalanya. Di satu sisi, memang kandungannya menjaga ketahanan tubuh. Namun, yang paling penting adalah bagaimana orang tua menjaga pola makan yang seimbang untuk anaknya.

"Kita tuh sudah terpola pikirannya kalau nggak minum susu, anaknya bakal nggak tumbuh dan nggak sehat. Yang benar, jaga keseimbangan pola makan buah dan sayuran serta susu," ujar Andang.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar