Hubungan Anda dengan Uang


Jadikan uang Anda sebagai sahabat Anda. Perhatikan agar ia tak jauh-jauh dari Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar uang Anda=sahabat Anda.

1. Periksa kembali hubungan yang telah Anda miliki dengan uang Anda. Apakah Anda terlalu boros mengelolanya?

2. Tentukan di mana hubungan Anda dan uang Anda saat ini. Buat daftar apa saja aset dan tanggungjawab Anda, karena kedua hal ini akan menentukan kekayaan bersih Anda. Lalu hitung penghasilan bersih bulanan, dan pengeluaran Anda. Penghasilan bersih Anda harus lebih besar dari pengeluaran.

3. Susun sasaran yang akan dicapai. Ceritakan mengenai sasaran Anda kepada teman-teman ataupun keluarga Anda. Minta mereka untuk mengingatkan Anda agar tetap konsisten dengan sasaran Anda dan untuk memeriksa kembali dengan Anda setiap bulannya.

4. Perhatikan pilihan keuangan Anda. Bila Anda sedang jalan-jalan di mal, melihat barang-barang dan tertarik untuk membelinya, pikirkan matang-matang apakah barang tersebut memang Anda perlukan bukan karena Anda inginkan.

5. Tuliskan catatan keuangan Anda, jangan hanya dicatat di dalam ingatan Anda. Tuliskan di atas kertas.

6. Jangan berutang. Bayar utang kartu kredit Anda.

7. Bayar tagihan tepat waktu dan sesuai dengan jumlah yang tertera.

8. Dahulukan kepentingan Anda.

9. Jangan meremehkan jumlah uang yang akan Anda perlukan pada saat Anda pensiun. Anda tidak akan pernah dapat menabung banyak.

10. Bila perlu, cari bantuan seseorang yang ahli dalam bidang keuangan untuk membantu Anda menyusun keuangan.


0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar