No Worry, Be Happy


Dari dua pilihan berikut, manakah yang akan Anda pilih; jadi orang kaya atau jadi orang bahagia? Kalau Anda ingin panjang umur, pilihlah jawaban yang terakhir.

Berbagai penelitian menunjukkan, kekebalan tubuh kita akan meningkat seiring dengan kebahagiaan yang kita rasakan. Ini berarti orang yang bahagia lebih kebal terhadap virus. Bahkan menurut konferensi Happyness & Its Causes, yang diadakan di Australia beberapa waktu lalu, optimisme bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Orang yang bahagia hidup lebih sehat dan lebih lama.

Bagaimana cara termudah untuk jadi bahagia? Ada banyak orang yang berpendapat garis hidup kita sudah dituliskan, apakah hidup kita akan bahagia atau menderita, sehingga kita tak bisa melakukan apa-apa. Pendapat ini jelas salah. Banyak yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan level kebahagiaan, dan ini bukan dengan cara memenangi lotere atau punya mobil baru.

Cara paling mudah untuk meningkatkan level dasar kebahagiaan adalah dengan mengembangkan rasa empati dan kerelaan untuk berkorban. Dengan membantu orang lain kita akan merasa lebih berarti dan bahagia. Seorang eksektuif yang menyerahkan setengah dari bonus tahunannya pada orang yang membutuhkan, justru lebih bahagia. Tak sedikit studi yang menunjukkan hasil serupa, memberi lebih baik dari menerima. Memberi dan membantu orang lain akan memberi makna pada hidup kita.

Bagaimana dengan anak-anak? Mereka justru lebih peduli pada makhluk lain dan sesamanya. Ini karena pada dasarnya kita terlahir dengan sikap tulus dan memberi. Tapi seiring dengan bertambahnya usia, kita jadi lebih egosentris dan menolong orang lain ada di urutan terakhir dalam pikiran kita.

Karena itulah, sebagai role model bagi anak-anak, kita perlu mengajari mereka pentingnya rasa empati kepada orang lain. Ajari Si Kecil untuk menyisihkan sebagian dari uang jajannya untuk disumbangkan pada kegiatan sosial. Beri mereka reward untuk setiap kebaikan yang mereka lakukan. Tentu saja Anda tak cuma mengajari, tapi juga memberi contoh. Meski kecil, Anda telah berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih indah.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar