Tips Aman Tinggalkan Rumah di Waktu Mudik


Bagi pemudik, baiknya siapkan pengamanan rumah semaksimal mungkin. Jangan biarkan tempat tinggal Anda kosong begitu saja. Mungkin tips dari Polri bisa membantu.

"Yang pertama bagi yang mudik, yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong harus mengantisipasi, cek kompor jangan sampai ada kompor yang masih hidup dan penerangan listrik juga, jangan sampai di tinggal mudik lalu timbul arus pendek. Ini semua agar tidak terjadi kebakaran," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irejen Pol Abubakar Nataprawira saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (27/9/2008).

Perlu diingat juga untuk mengantisipasi dari bahaya pelaku kriminal, rumah sebaiknya menggunakan kunci tambahan, kunci gembok ekstra dan juga kunci di pagar.

"Dan memberitahu kepada tetangga, juga kepada RT/RW. Dan kewajiban RT dan RW untuk melaporkan ke polisian berapa rumah yang kosong. Nanti kita akan melakukan patroli," jelasnya.

Atau, menurutnya rumah yang kosong unutk sementara bisa ditinggali saudara atau kenalan. Tapi dipesankan kepada yang menunggu untuk tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal.

"Hati-hati kepada orang yang pura-pura memperbaiki listrik, PLN atau telepon. Atau juga pura-pura mau reparasi TV. Jangan begitu saja membuka pintu bagi orang yang tidak dikenal," tandas Abubakar.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar