Membuat Area Bermain Anak


DUNIA bermain adalah dunia anak-anak. Pada usia pertumbuhan, anak-anak mulai belajar mengenal lingkungan sekitarnya. Mulai dari warna, bentuk, hingga nama benda-benda di sekitarnya. Untuk mendukung proses belajarnya, kita buat yuk area bermain untuk si kecil.

Tidak harus menyediakan ruangan khusus kok untuk membuat area bermain. Menyatukannya dengan kamar tidur si kecil pun tak masalah. Anda bisa memanfaatkan sudut kamar atau area sekitar tempat tidurnya.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika membuat area bermain adalah pemilihan furnitur. Anda perlu menyediakan tempat penyimpanan yang cukup untuk menyimpan mainan-mainan si kecil. Perhatikan juga ukurannya, pastikan si kecil dapat menjangkau mainan favoritnya, ketika ia ingin memainkannya. Selain itu, hindari menempatkan furnitur berbahan logam atau kaca.

Furnitur berbahan logam atau kaca biasanya memiliki ujung yang tajam, sehingga berbahaya untuk si kecil. Furnitur bermaterial kaca juga mudah pecah. Pecahan kaca juga tentu berbahaya untuk si kecil. Biasanya furnitur yang baik untuk area bermain terbuat dari kayu. Anda juga perlu memperhatikan finishing-nya. Pilih cat, pelitur, atau jenis finishing lainnya yang tidak mengandung racun.

Setelah memilih furnitur, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan warna. Sesuai dengan jiwa anak-anak yang ceria, aplikasikan warna-warna cerah untuk kamar dan area bermainnya. Begitu pula dengan pilihan warna untuk furniturnya.

Selain memberikan kesan ceria, warna-warna cerah juga dapat merangsang kemampuan anak-anak untuk mengenal warna. Agar area bermain lebih nyaman, lengkapi dengan menempatkan karpet berbahan plastik atau busa. Hindari menggunakan karpet berbahan bulu, karena bahan bulu dapat menyimpan debu. Jika Anda tidak rajin membersihkannya, debu-debu tersebut bisa terhirup oleh anak-anak.

1 comments: (+add yours?)

Unknown mengatakan...

jenis permainan anak yang bagus apa ya untuk area bermain?

Posting Komentar