Jurus 'Menawar' Di Kantor


Ketika menyebut kata negosiasi di kantor dengan bos, apa yang terlintas di benak Anda? Pasti bagaimana bernegosiasi agar gaji naik atau naik pangkat. Pengertian itu memang benar, tapi kurang lengkap. Negosiasi dalam dunia kerja, terutama di kantor, sebenarnya ada banyak jenis. Negosiasi meminta perpanjangan cuti, mundur deadline atau meminjam dan mendapat fasilitas kantor adalah beberapa contoh lainnya.

Nah, seringkali saat mengajukan diri untuk meminta cuti lebih lama atau mundur deadline misalnya, dan si bos menolak, Anda akan langsung patah semangat. Padahal, Anda bisa saja melakukan penawaran alias bernegosiasi. Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut, sudah pasti perlu usaha. Salah satunya adalah melakukan penawaran. Bagaimana caranya?

1. Buat atasan melihat kerja Anda dulu
Sebelum bernegosiasi, sebaiknya perlihatkan pada atasan bahwa pekerjaan Anda selama ini selesai tepat waktu dan tak ada keluhan. Jadi, ketika Anda meminta mundur deadline atau ingin menambah cuti dan atasan menolak alias tidak mengabulkan, Anda bisa menggunakan kinerja baik Anda sebagai bahan argumen. Lalu, jelaskan alasan Anda.

2. Gunakan teknik bicara
Ketika permohonan ditolak, biasanya kita cenderung emosi, kecewa dan akan menampilkan wajah tidak senang. Terkadang intonasi jadi melemah seolah patah semangat, atau sebaliknya meninggi karena tak bisa menerima penolakan. Sampaikan keinginan dengan tegas dan percaya diri, tapi tidak emosional. Susah? Coba banyak berlatih di rumah.

3. Berikan Penawaran
Saat Anda meminta ‘keringanan’ itu, jangan lupa ajukan penawaran yang bisa Anda berikan seandainya si atasan mengabulkan permintaan. Misalnya, berjanji akan menyelesaikan semua pekerjaan sebelum cuti.

4. Tidak Bertele-tele
Dengan tidak bertele-tele, Anda menunjukkan sikap menghargai waktu atasan. Dengan bicara singkat, Anda akan terlihat lebih percaya diri. Jika atasan menolak, jangan kecewa. Tunjukkan bahwa Anda orang yang berjiwa besar dan jangan lupa katakan, “Saya berterima kasih jika Bapak bersedia mempertimbangkan permohonan saya.”

5. Jangan lupa senyum
Apa pun jawaban atasan, jangan lupa untuk selalu menekan tombol ajaib di wajah Anda, yaitu senyum. Anda pasti tahu, senyuman, apalagi yang tulus, bisa membangkitkan keramahan dalam diri lawan bicara kita. Bahkan, bisa meluluhkannya.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar