Tingkatkan Nilai Jual Profesi Anda


Ekonomi yang tidak stabil sedikit banyak ikut memengaruhi pasar tenaga kerja saat ini. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, Anda tak bisa berdiam diri. Aktiflah meningkatkan nilai jual profesi Anda dan gencarlah berpromosi. Bila Anda ingin mencari pekerjaan baru, berikut 6 cara yang bisa Anda lakukan:

1. Nama sebagai merk
Promosikan diri Anda di lingkungan eksternal perusahaan. Gunakan nama asli Anda sebagai alamat email. Hindari memakai nick name atau nama panggilan sebagai alamat email untuk mengirim resume. "Para manajer dan HRD tak akan tertarik dengan alamat email yang cute karena kesannya tidak profesional," kata Marianne Adoradio, seorang konselor karir.

2. Penuhi kebutuhan perusahaan
Perusahaan tentu akan mencari pegawai yang bisa memberikan kontribusi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena itu bekali diri dengan keterampilan dan wawasan yang sesuai. "Saat wawancara kerja, pastikan Anda bisa menceritakan pengalaman dan keterampilan yang sesuai untuk menunjukkan Andalah orang yang tepat untuk posisi tersebut," kata Kathryn Ullrich, career expert.

3. Buat profil diri secara online
Kini semakin banyak situs komunitas di internet. Untuk memperlancar usaha Anda mempromosikan diri, sebaiknya buatlah profil diri sebaik mungkin untuk menampilkan citra yang smart dan profesional.

4. Bersikap lebih aktif
Ini berarti Anda harus bersikap aktif melebihi tugas dan gaji Anda. Carilah cara untuk berkontribusi, misalnya terlibat dalam kepanitiaan seminar, menjadi moderator rapat, dan sebagainya. Sikap tersebut tak cuma menambah panjang pengalaman Anda tapi juga meningkatkan rasa percaya diri dan memperluas jejaring.

5. Ikut kursus
Dunia berputar semakin cepat, agar tak ketinggalan, asah terus skill dan keterampilan Anda melalui kursus, seminar,atau mengikuti training.

6. Terima tantangan
Jangan takut untuk menerima tantangan sehari-hari di kantor. Menerima projek baru atau menangani klien sulit, akan menambah jam terbang Anda.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar