Kerja Singkat, Gaji Memikat


Konsultan Jasa
Sekarang banyak perusahaan konsultan jasa yang memegang proyek tertentu dari instansi pemerintah. Umumnya, satu perusahaan memegang dua-tiga proyek sekaligus. Karena pekerjaannya per proyek, maka sistem yang diterapkan pada karyawannya pun sistem kontrak. Kontrak karyawan dapat diperpanjang untuk proyek berikutnya atau diikutsertakan untuk proyek lain jika si karyawan dianggap qualified.
Karyawan yang direkrut biasanya terdiri dari tenaga ahli yang latar pendidikannya tergantung kebutuhan proyek, serta supporting staff. Nah, supporting staff ini bisa sekretaris, keuangan, humas, administrasi, dan sebagainya. Karena tak mendapat asuransi, biasanya mereka berpenghasilan lebih tinggi dari karyawan selevel di perusahaan lain. Selain itu, mereka mendapat bonus-bonus tambahan. Sedangkan untuk posisi tenaga ahli, gaji yang diterima per bulan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Plus asuransi, kendaraan, dan sebagainya. Menggiurkan bukan?


Public Relations Officer dan Advokasi NGO
Bekerja di LSM baik pemerintah maupun bukan, lokal maupun asing, juga sangat menggiurkan. Kalau kegiatannya seputar lingkungan, ruang lingkup kerja Anda tak akan jauh dari isu lingkungan, misal memberi informasi kepada masyarakat, membuat event, memberi training, dan bertindak sebagai fasilisator. Bila ingin bekerja di LSM harus punya empati tinggi terhadap kehidupan orang banyak. Anda juga mesti menguasai kemampuan problem solving dan berhubungan dengan orang lain. Juga rela ditempatkan dan dikirim ke mana saja ke tempat yang butuh bantuan.

Keuntungan bekerja di LSM adalah penghasilan lumayan besar, kalau LSM itu termasuk besar. Soal penghasilan, sebenarnya Anda bisa nego langsung dengan user-nya. Benefit lain adalah kesempatan pendidikan terbuka luas. Biasanya, yang bekerja di organisasi sosial diberi peluang lebih besar untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya, termasuk mendapat beasiswa sekolah, training, dan seminar hingga ke luar negeri. Yang jelas, bekerja di LSM membuat wawasan Anda terus berkembang.


Voice Over
Kalau bersuara bagus, Anda bisa jadi pengisi suara di tayangan televisi, misalnya infotainment. Anda tak harus punya pengalaman sebagai penyiar radio atau menjadi dubber dulu. Yang penting karakter suara Anda dianggap pas dengan tayangan tersebut. Pekerjaan ini relatif mudah karena hanya membaca naskah. Jam kerjanya juga tak seperti orang kantoran karena waktu efektifnya mungkin hanya tiga jam. Biasanya waktu kerja voice over (VO) adalah malam hari ketika naskah telah disusun penulis naskah.

Pekerjaan ini bukan freelance karena biasanya ada kontrak kerja yang disepakati bersama. Biasanya mereka tak akan mengizinkan VO mengisi suara di PH atau stasiun lain. Selain itu ada juga fasilitas lain yang didapat, seperti THR dan bonus. Peluang pekerjaan ini sangat besar, apalagi orang yang bergelut di profesi ini masih sedikit. Selain penghasilannya lumayan, Anda bisa nyambi mengisi suara untuk iklan, portfolio perusahaan, dan proyek lain. Untuk jadi VO, Anda hanya perlu mengirim lamaran serta contoh suara. Setelah lolos tahap seleksi, Anda akan dikontrak per tahun atau per tayangan.

Guru
Jika suka berinteraksi dengan anak kecil dan punya bakat mengajar, Anda bisa memilih profesi guru, terutama guru preschool hingga taman kanak-kanak. Menjamurnya preschool dan sekolah TK beberapa tahun ini membuka kesempatan besar untuk mereka yang ingin jadi guru. Pekerjaan ini menyenangkan dan jauh dari stres karena setiap hari berhubungan dengan anak kecil.

Tugasnya antara lain membuat materi dan memberi pelajaran pada anak-anak prasekolah. Yang dibutuhkan adalah dapat berinteraksi dengan anak-anak, sabar, dan membuat mereka merasa nyaman di dekat Anda. Meski begitu, akan sangat menguntungkan jika Anda lulusan psikologi dan memahami dunia anak-anak. Yang paling menyenangkan, jam kerjanya singkat. Di luar jam sekolah, Anda bisa memberi les tambahan kepada murid-murid lain. Gaji seorang guru preschool hingga taman kanak-kanak yang bagus sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta. Meski penghasilan tak terlalu besar, profesi ini tergolong mulia.

0 comments: (+add yours?)

Posting Komentar